Jumat, 25 November 2011

Pelatihan Memandikan Jenazah

Beberapa bulan yang lalu, PKPU melakkan pelatihan memandikan jenazah yang bertempat di Masjid Al Ikhlash Kp banjir kanal RT 008 RW 01 Grogol Jakarta Barat, PKPU melaksanakan program Latahzan dalam bentuk pelatihan memandikan jenazah. Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PKPU terhadap persoalan di tengah masyarakat, salah satunya adalah kurangnya jumlah anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam memandikan jenazah di suatu wilayah.

Sehingga ketika ada yang meninggal di wilayah tersebut warga masyarakat kesulitan untuk mengurusnya karena yang memandikan tak ada di wilayah mereka sehingga harus mencari di wilayah lain. Hal ini cukup menyita waktu, sehingga jenazah tidak terurus secepatnya, dengan pelatihan ini diharap dapat menyelesaikan persoalan itu.

Acara pelatihan memandikan jenazah dihadiri tokoh masyarakat Kelurahan Grogol serta ketua RW 01 Kp banjir kanal Grogol Jakarta Barat.  Dalam sambutannya, ketua RW 01 Kp banjir kanal mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada PKPU serta relawan yang terlibat

Beliau berharap setelah mereka dilatih dapat melanjutkan program ini dengan mengajarkan warga yang lain dilingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Bila perlu di masing-masing rukun tetangga ada tim memandikan jenazah baik laki-laki maupun perempuan.

Pelatihan dilanjutkan dengan ceramah dan praktek memandikan dan mengkafani jenazah yang disampaikan ustadz Ade Hartono yang sejak 1994 telah mempelajari dan melakukan memandikan jenazah. Ustadz Ade Hartono tinggal di wilayah Jatisari, Jatiasih Kota Bekasi, dan masyarakat sekitar telah mengenalnya karena memiliki pengalaman cukup banyak dalam memandikan jenazah. Kegiatan seperti ini sangat perlu FKMGCC lakukan agar para pengurus FKMGCC tidak canggung lagi dalam melaksanakan proses penanganan jenazah dan yang juga penting adalah proses edukasi masyarkaat harus dilakukan dengan baik khususnya yang berkaitan dengan penanganan jenazah. (Ais Z dari PKPU).

1 komentar:

  1. Iya nich kapan ya FKMGCC mengadakan pelatihan penanganan jenazah? Kita lagi nunggu-nunggu. Moga jangan lama-lama ya. Kami amat berharap kepada Anda para pengurus fkmgcc...

    BalasHapus

Siapa saja Anda, silakan posting komentar...yang penting tidak berbau SARA ya...