Kamis, 01 Desember 2011

Keistimewaan Ibadah dalam Islam


Ibadah adalah segala amalan-amalan lahir maupun bathin yang diridhoi Allah subhanahu wa ta ‘ala (sesuai dengan al-Quran dan as-Sunnah).

Dasar-dasar ibadah dalam Islam, adalah  :

1.      Dibangun atas dasar cinta dan rindu kepada Allah SWT [21:90]

“…sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami” (QS.Al-Anbiya/21:90)

2.      Dibangun atas dasar kesiapan nalar dan qona’ah [51:20-22]

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan? Dan di langit terdapat (sebab-sebab rezekimu) dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu (QS.Adz-Dzariat/51:20-22).


3.      Atas dasar keseimbangan timbal balik [4:40]

“Dan sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarroh, dan jika ada kebajikan sebesar zarroh niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan dari sisiNya pahala yang besar” (QS.An-Nisa/4:40)

Shalat lima waktu diumpamakan sebagai stasiun pengingat, gudang pengisian energi rukhani agar kelanjutan perjalanan tetap terjaga sesuai dengan koridor Islam.

4.      Melibatkan seluruh unsur dalam diri manusia [22:78]

yang melibatkan seluruh potensi dalam diri manusia baik aspek rukhani, akal, perasaan, hati nurani dan fisik sekaligus. Dan kesemuanya berjalan seimbang.

“Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan…”(QS.Al-Hajj/22:78)

5.      Merupakan lentera pengawas manusia yang berfungsi sebagai :

a.  pengawas yang selalu mengingatkan hati nurani agar tetap berada di jalan yang diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala.
b.  mesin pendorong yang kuat untuk menggunakan segala potensinya dalam rangka kemaslahatan umat manusia baik dalam bidang politik dan kemasyarakatan, ekonomi dan keuangan, manajemen dan pemerintahan dll.

Wallaahu a’lam bishshawab

2 komentar:

  1. Itulah bedanya Islam dan agama lainnya. Agama lain perintah menjalankan ibadahnya dengan doktrin. Sedangkan dalam Islam, ummatnya diberikan penalaran lebih dahulu dan atas dasar kerinduan menajalankan ibadah. Kalau salah mohon dikoreksi.

    BalasHapus

Siapa saja Anda, silakan posting komentar...yang penting tidak berbau SARA ya...